Senin, 23 Januari 2012

Petani di Kecamatan Takeran dan Lembeyan siap diberikan pendampingan

Petani padi di wilayah Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan, memperoleh pengetahuan dalam menerapkan sistem pertanian terintegrasi, antara pertanian peternakan dan perikanan. Sistem pertanian terpadu ini akan membantu petani mendapatkan penghasilan lebih, dengan mengeluarkan modal yang hanya sedikit.

Staf Ahli MPM PP. Muhammadiyah, Ir. Safii Latuconsina mengatakan, sistem pertanian terintegrasi ini dapat diterapkan petani dimanapun jika ia memiliki kemauan yang kuat sembari mempelajari dengan seksama. Ia mencontohkan pertanian padi, menurut dia, juga bisa diintegrasikan dengan peternakan sapi maupun kambing. Petani bisa menggunakan kotoran ternak itu untuk memupuk tanah hingga memberantas hama serangga. Selain menyuburkan, penggunaan bahan alami ini lebih ramah lingkungan.

Hal ini disampaikan Ir. Safii Latuconsina dalam acara yang digelar Fushindo pada (17/1) dihadapan pada petani Kecamatan Takeran dan Lembeyan Kabupaten Magetan yang diadakan di Balai Desa Madigondo. Pada kesempatan itu, 14 Petani siap diberikan pendampingan seperti petani di Kecamatan Barat yang telah dulu diberikan pendampingan.

"Sistem pertanian ini sekaligus mengajari petani menggunakan pupuk alami yang bisa didapatkan dari ternak. Lebih lanjut, cara ini akan mengurangi penggunaan pupuk kimia yang justru mengkikis kesuburan tanah," katanya.

Ia juga mengatakan, sistem pertanian terpadu juga membantu perekonomian petani karena memberikan penghematan yang luar biasa dalam menekan biaya produksi petani. Menurut dia, petani setempat kurang memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan untuk mendukung upaya peningkatan produksi pertanian.

"Petani lebih menggunakan pengetahuan dibanding ilmu. Mereka cenderung fokus menanam padi menggunakan pengetahuannya tentang cara dan bahan yang mudah dibeli, daripada membuat sendiri," kata dia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | PAN KABUPATEN MAGETAN Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building