Selasa, 23 Agustus 2011

Refleksi 13 Tahun PAN berkarya

Kesinambungan eksistensi PAN sebagai wadah perjuangan telah berjalan selama 13 Tahun pada 23 agustus 2011 ini. Selama itu pula PAN senantiasa mengawal kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan cita-cita reformasi, masa dimana PAN terlahir dan memulai berkiprah dalam percaturan politik di negeri ini. Dinamika politik dalam konteks kekinian terus berkembang cepat hingga merambah ke dalam tubuh PAN yang secara signifikan berpengaruh terhadap sikap mental aparatus partai. Dibutuhkan revitalisasi organisasi dengan menitik beratkan pada pengembangan kualitas personal, melakukan langkah-langkah yang konstruktif, membuat program yang implementatif dan kesadaran kolektif dalam menjaga arah partai hingga sesuai visi dan misi partai.

Menyambut ulang tahun PAN yang ke-13, moment yang tepat untuk muhasabah, koreksi dan introspeksi diri sejauh mana khidmah PAN selama waktu itu terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Perjalanan ornanisasi selalu tidak lepas dari pasang surut gelombang dan warna warni dinamika yang menghiasinya. Setiap ulang tahun harus ada refleksi, harus ada evaluasi, sehingga akan diketahui semangat zaman yang selalu membaru seiring dengan dinamika masyarakat. Persoalan pengkaderan dimana banyak kader-kader baru yang mempunyai loyalitas yang minim terhadap aqidah perjuangan dan tidak menjiwai ideologi menjadi salah satu persoalan, disatu sisi kita bangga bertambahnya kader tetapi disisi yang lain tergerusnya tanggung jawab menjaga nama baik PAN di mata publik.Dampak ini sangat terasa ketika mereka duduk di kursi empuk legislatif. Setelah menunaikan kontribusi wajib, tak ada lagi tanggung jawab merawat dan menjaga partai, alhasil partai hanya digunakan sebagai password untuk masuk menjadi dewan. Ada hal lagi yang paling urgen adalah tata manajemen organisasi yang sangat minim, sering kali menjadi persoalan di internal partai.

Sisi-sisi kekurangan PAN inilah yang seharusnya menjadikan kita makin keras untuk belajar dan berjuang.Tidak bisa kita pungkiri begitu banyak prestasi yang telah di raih PAN, dan kita patut bangga menjadi salah satu partai yang berpotensi di Pemilu 2014 dengan (Insya Allah) capres yang sudah jelas. Dan ulang tahun inilah saat yang tepat mengukur sejauh mana kiprah dan sepak terjang organisasi dalam dinamika masyarakat, sejauh mana pengembangan visi misi dan program pemenangannya.

Kiranya beberapa deskripsi diatas patut untuk kita jadikan bahan renungan untuk kemajuan PAN kedepan. Selamat Ulang Tahun PAN, semoga semangat yang pernah dibawa Amien Rais pada masa melahirkan PAN terus membara di setiap diri kader.. (@ry)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | PAN KABUPATEN MAGETAN Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building